Hubungan Pemahaman Konsep Bilangan Eksponen dengan Hasil Belajar Kimia pada Materi Asam Basa
Keywords:
asam basa, eksponen, hasil belajar, pemahaman konsepAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya hubungan antara Pemahaman Konsep Eksponen dengan Hasil Belajar Kimia Materi Asam Basa. Penelitian ini dilakukan terhadap peserta didik kelas XII IPA di SMAIT YAPIDH Bekasi. Variabel bebas pada penelitian ini adalah Pemahaman Konsep Eksponen sedangkan variabel terikatnya adalah Hasil Belajar Kimia Materi Asam Basa. Dari hasil pengujian normalitas untuk variabel bebas didapat L0=0,0997<Ltabel=0,190 sedangkan untuk variabel terikat diapat L0=0,134<Ltabel=0,190 maka dapat disimpulkan bahwa kedua sampel berdistribusi normal. Hasil perhitungan regresi linear diperoleh persamaan ?=32,3+0,65X. Uji linearitas diperoleh Fhitung=-1,56<Ftabel=3,01 sehingga dapat disimpulkan model regresi adalah linear. Pengujian hipotesis dilakukan dengan analisis korelasi product moment. Dari rxy=0,93 didapat thitung=9,87>ttabel=1,734 dengan taraf signifikansi ?=0,05. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat hubungan positif antara Pemahaman Konsep Eksponen dengan Hasil Belajar Kimia Materi Asam Basa. Koefisien determinasi (r2) diperoleh 0,8649 atau 86,49%.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2020 Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara II
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
The authors agree that this article remains permanently open access under the terms of the Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.