Pengembangan Media Permainan Ular Tangga pada Mata Pelajaran IPS Materi Peristiwa Penjajahan Bangsa Indonesia

Authors

  • Dyana Cindy Rahmawati STKIP Kusuma Negara
  • Evayenny E STKIP Kusuma Negara
  • Risky Dwiprabowo STKIP Kusuma Negara

Keywords:

media permainan ular tangga, peristiwa penjajahan bangsa indonesia

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk menghasilkan sebuah media pembelajaran dari pengembangan media permainan ular tangga yang layak dan dapat dipergunakan untuk proses pembelajaran siswa kelas V SDN Baktijaya 3 Depok semester genap tahun pelajaran 2019/2020. Metode penelitian ini menggunakan penelitian pengembangan (R&D) menurut Borg and Gall. Langkah - langkah yang pada penelitian pengembangan ini meliputi Tahap I yaitu pengumpulan data dan perencanaan dan penelitian pada Tahap II yaitu pengembangan produk, uji validitas yang dilakukan oleh ahli media dan ahli materi, uji coba kelompok kecil, dan penyempurnaan produk akhir. Kelayakan produk didasarkan pada hasil penilaian ahli media, ahli materi dan siswa kelas V SDN Baktijaya 3 Depok sebagai subjek uji coba. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan angket serta analisis data berupa deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa penilaian dari ahli media mendapatkan skor 4,32 termasuk dalam kategori sangat baik dan penilaian dari ahli materi mendapatkan skor 4,13 termasuk dalam kategori baik. Dapat disimpulkan bahwa materi peristiwa penjajahan bangsa Indonesia dengan menggunakan media permainan ular tangga yang telah dikembangkan layak untuk dipergunakan.

Downloads

Published

2020-11-27