Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa melalui Teknik Wawancara Tiga Langkah
Keywords:
kemampuan berbicara, teknik wawancara tiga langkahAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa melalui teknik wawancara tiga langkah. Subjek penelitian ini berjumlah 12 siswa dari kelas XI Akuntansi SMK DM Solusi Bangsa Cibitung, Bekasi, Jawa Barat tahun ajaran 2019/2020. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif (PTK), dimana setiap siklus adalah perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan menanyakan kepada siswa teknik wawancara tiga langkah dengan dialog di setiap siklus. Pada setiap siklus dari siklus satu ke siklus kedua, karena hasil yang diperoleh sangat signifikan sehingga siklus berhenti pada siklus kedua, hasilnya keterampilan berbicara mereka meningkat. Peningkatan hasil belajar KKM siswa pada siklus (1) 42%, siklus (2) 100%. Dari penelitian ini teknik wawancara tiga langkah dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2020 Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara II
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
The authors agree that this article remains permanently open access under the terms of the Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.