Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa melalui Teknik Wawancara Tiga Langkah

Authors

  • Itsnaini Husnul Khotimah STKIP Kusuma Negara
  • Herlina Herlina STKIP Kusuma Negara
  • Retno Dwigustini STKIP Kusuma Negara

Keywords:

kemampuan berbicara, teknik wawancara tiga langkah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa melalui teknik wawancara tiga langkah. Subjek penelitian ini berjumlah 12 siswa dari kelas XI Akuntansi SMK DM Solusi Bangsa Cibitung, Bekasi, Jawa Barat tahun ajaran 2019/2020. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif (PTK), dimana setiap siklus adalah perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan menanyakan kepada siswa teknik wawancara tiga langkah dengan dialog di setiap siklus. Pada setiap siklus dari siklus satu ke siklus kedua, karena hasil yang diperoleh sangat signifikan sehingga siklus berhenti pada siklus kedua, hasilnya keterampilan berbicara mereka meningkat. Peningkatan hasil belajar KKM siswa pada siklus (1) 42%, siklus (2) 100%. Dari penelitian ini teknik wawancara tiga langkah dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa.

Downloads

Published

2021-01-13

Issue

Section

Articles