Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Anak melalui Permainan Menjepit Kartu Kata
Keywords:
kemampuan membaca anak, menjepit kartu kata, metode permainanAbstract
Salah satu kemampuan anak yang sedang berkembang pesat pada usia pra sekolah adalah kemampuan berbahasa. Penguasaan bahasa sangat erat kaitannya dengan kemampuan kognisi anak. Sistematika berbicara anak menggambarkan sistematika dalam berfikir. Kemampuan berbahasa yang baik yang dimiliki anak akan membantu anak mampu menyesuaikan diri dengan lingkungan dan mampu menjadi pribadi yang komunikatif. Kemampuan berbahasa tersebut meliputi kemampuan mendengar, berbicara, membaca, dan menulis. Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar dalam kemampuan membaca permulaan anak melalui permainan menjepit kartu kata pada Kelompok B Anak Usia 5-6 Tahun di PAUD Wijaya Kusuma Cengkareng Timur Jakarta Barat. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang mengikuti model Kemmis dan Taggart. Penelitian ini mencakup 2 siklus dimana masing-masing siklus mencakup 4 tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan membaca permulaan yang signifikan pada siswa Kelompok B. Hal tersebut ditandai dengan peningkatan persentase dari pra siklus, siklus I dan siklus II dalam proses pembelajaran yang dilakukan melalui permainan menjepit kartu kata. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hipotesis penelitian yang berbunyi melalui permainan menjepit kartu kata dapat meningkatkan kemampuan membaca anak.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2020 Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara II
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
The authors agree that this article remains permanently open access under the terms of the Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.