Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar PPKn pada Materi Sumpah Pemuda melalui Metode Role Playing
Keywords:
metode role playing, motivasi belajarAbstract
Tujuan penelitian ini meningkatkan motivasi belajar peserta didik dengan menggunakan metode role playing kelas VIII SMP Era Pembangunan Umat Ciracas. Penelitian ini dilakukan di kelas VIII sebanyak 30 orang peserta didikpenelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun 2019/2020. Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan penelitian tindakan kelas VIII. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil yang diperoleh pada setiap siklus dalam pembelajaran melalui metode role playing adalah siklus I aktivitas belajar peserta didik memiliki jumlah skor 66 dan 88 dengan presentase 37% dan 49%, pada siklus II memiliki jumlah skor 115 dan 134 dengan prsentase 62% dan 74%, dan pada siklus III memiliki jumlah skor 153 dan 162 dengan prsentase 85% dan 90%, ini dapat dikatakan bahwa motivasi belajar peserta didik meningkat dengan menggunakan metode role playing. Peneliti ini menyimpulkan bahwa belajar dengan menggunakan metode role playing dapat meningkatkan motivasi belajar PPKn pada materi sumpah pemuda
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2020 Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara II
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
The authors agree that this article remains permanently open access under the terms of the Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.