Upaya Meningkatkan Pemahaman Siswa pada Materi Pancasila melalui Metode Contextual Teaching and Learning

Authors

  • Hardiyantih Hardiyantih STKIP Kusuma Negara
  • Purwani Puji Utami STKIP Kusuma Negara
  • Abdul Aziz STKIP Kusuma Negara

Keywords:

contextual teaching and learning, pemahaman siswa

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan pemahaman siswa pada materi Pancasila melalui metode pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) pada siswa kelas VIII semester ganjil di MTS At Taqwa 04 Tarumajaya-Bekasi. Desain penelitian yang digunakan berbentuk siklus yang mengacu pada model Kemmis dan Mc Taggrat. Rencana penelitian tindakan terdiri dari 3 siklus yang terdiri dari rencana, tindakan, observasi, dan refleksi. Pada siklus I dari 29 siswa dengan presentase 75% atau dibawah nilai kriteria ketuntasan minimal (KKM), siklus II 10 siswa dengan presntase 26% sedangkan pada siklus III telah mencapai nilai KKM 72 dengan nilai rata-rata 84. Berdasarkan hasil penelitian maka disimpulkan bahwa melalui penggunaan metode pembelajaran CTL dapat meningkatkan pemahaman PKn pada materi Pancasila siswa.

Downloads

Published

2020-12-22

Issue

Section

Articles