Upaya Meningkatkan Pemahaman Peserta Didik pada Materi Kasus-kasus Pelanggaran Hak Asasi Manusia dalam perspektif Pancasila melalui Metode Problem-Based Learning

Authors

  • Muhamad Romelan STKIP Kusuma Negara
  • Purwani Puji Utami STKIP Kusuma Negara
  • Ismail Akbar Brahma STKIP Kusuma Negara

Keywords:

metode problem-based learning, pemahaman peserta didik

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman peserta didik pada materi kasus-kasus pelanggaran hak asasi manusia dalam perspektif pancasila melalui metode pembelajaran problem-based learning (PBL) di kelas XI IPS MA Mathla’ul Anwar. Kab Karawang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas dan yang dijadikan tempat penelitian ialah pada peserta didik kelas XI IPS MA Matlaul Anwar, yang berjumlah 23 peserta didik. Penelitian ini dilakukan pada bulan juli sampai dengan bulan agustus 2020. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan tes. Hasil tes dapat diketahui bahwa pemahaman peserta didik meningkat pada tiap-tiap siklus. Dimulai pada prasiklus nilai peserta didik mencapai nilai rata-rata 65,65. Pada siklus I nilai peserta didik mencapai nilai rata-rata 70,87. Pada siklus II nilai peserta didik mencapai  nilai rata-rata 78,69. Dan pada siklus III nilai peserta didik mencapai nilai rata-rata 84,56. Dengan demikian maka upaya meningkatkan pemahaman peserta didik pada materi kasus-kasus pelanggaran hak asasi manusia dalam perspektif pancasila melalui metode pembelajaran PBL sangat baik dan efektif dilakukan guna meningkatkan pemahaman peserta didik pada kelas XI IPS MA Mathla’ul Anwar. Batujaya Kab Karawang.

Downloads

Published

2020-12-22

Issue

Section

Articles