Upaya Meningkatkan Pemahaman Peserta Didik pada Materi Kasus-kasus Pelanggaran Hak Asasi Manusia dalam perspektif Pancasila melalui Metode Problem-Based Learning
Keywords:
metode problem-based learning, pemahaman peserta didikAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman peserta didik pada materi kasus-kasus pelanggaran hak asasi manusia dalam perspektif pancasila melalui metode pembelajaran problem-based learning (PBL) di kelas XI IPS MA Mathla’ul Anwar. Kab Karawang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas dan yang dijadikan tempat penelitian ialah pada peserta didik kelas XI IPS MA Matlaul Anwar, yang berjumlah 23 peserta didik. Penelitian ini dilakukan pada bulan juli sampai dengan bulan agustus 2020. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan tes. Hasil tes dapat diketahui bahwa pemahaman peserta didik meningkat pada tiap-tiap siklus. Dimulai pada prasiklus nilai peserta didik mencapai nilai rata-rata 65,65. Pada siklus I nilai peserta didik mencapai nilai rata-rata 70,87. Pada siklus II nilai peserta didik mencapai nilai rata-rata 78,69. Dan pada siklus III nilai peserta didik mencapai nilai rata-rata 84,56. Dengan demikian maka upaya meningkatkan pemahaman peserta didik pada materi kasus-kasus pelanggaran hak asasi manusia dalam perspektif pancasila melalui metode pembelajaran PBL sangat baik dan efektif dilakukan guna meningkatkan pemahaman peserta didik pada kelas XI IPS MA Mathla’ul Anwar. Batujaya Kab Karawang.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2020 Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara II
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
The authors agree that this article remains permanently open access under the terms of the Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.