Pembelajaran Daring melalui Penggunaan Edmodo dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca
Keywords:
Platform E-learning Edmodo, Keterampilan MembacaAbstract
Pemahaman bacaan berbahasa Inggris merupakan salah satu keterampilan dasar yang penting untuk dikuasai oleh siswa sekolah menengah kejuruan (SMK), namun sebagian besar dari mereka memiliki kendala khususnya dalam memahami teks panjang. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan pemahaman bacaan siswa sekolah menengah kejuruan di dalam pembelajaran daring melalui penggunaan Edomodo. Penelitian dilakukan di kelas X SMK Taruna Bhakti, Depok dengan melibatkan 36 siswa. Pengumpulan data dilakukan melalui tes pemahaman bacaan, observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Edmodo di dalam pembelajaran daring dapat meningkatkan pemahaman membaca siswa. Hal itu dibuktikan dengan kenaikan persentase jumlah siswa yang mencapai KKM sebesar 53% pada siklus 1, 78% pada siklus 2, dan 100% pada siklus 3. Temuan tersebut dikuatkan dengan hasil observasi dan wawancara yang menunjukkan bahwa siswa termotivasi untuk terlibat aktif di dalam proses pembelajaran. Penggunaan Edmodo di dalam pembelajaran daring dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif di dalam proses pembelajaran keterampilan bahasa Inggris lainnya.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2020 Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara II
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
The authors agree that this article remains permanently open access under the terms of the Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.