Profesionalisme Guru Memasuki Abad 21 dan Kreativitas Pengembangan Model Pembelajaran

Authors

  • Turmudi Turmudi Universitas Pendidikan Indonesia

Keywords:

kreativitas model pembelajaran, profesionalisme guru abad 21

Abstract

Pengembangan profesionalisme guru merupakan sebuah keniscayaan. Guru-guru yang memperoleh pendidikan pada zamannya tidak dibekali dengan ketrampilan dan pengetahuan untuk zaman yang perubahannya sangat pesat. Gerakan-gerakan era disrupsi, (masyarakat ekonomi ASEAN) MEA, Abad 21, STEM, dan semacamnya sangat mempengaruhi bagaimana hidup berbangsa dan bernegara, berekonomi dan pendidikan. Dengan diluncurkannya MEA misalkan guru-guru kita terancam untuk digantikan oleh guru-guru yang berasal dari negara-negara ASEAN, apabila guru-guru kita tidak mempersiapkan diri dengan tuntutan kemampuan pada zaman ini, dan apabila guru-guru tidak meningkatkan profesionalismenya. Tulisan singkat ini membuka mencoba wawasan guru baik guru dalam jabatan (inservice training) maupun guru pra-jabatan (pre service training), sehingga mereka setidaknya dapat menyesuaikan dengan zaman yang berubah dengan sangat pesat. Guru-guru hendaknya memiliki kemampuan kreatif, menciptakan model-model pembelajaran yang sebelumnya tidak tersedia, yang dapat merangsang siswa belajar menjadi lebih bersemangat meraih kompetensi yang digunakan menghadapi abad 21.

Downloads

Published

2020-01-06

Issue

Section

Articles