Efektivitas Pembelajaran Matematika melalui Pendekatan Realistics Mathematics Education (RME) dengan Pemecahan Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa
Keywords:
Realistics Mathematics Education, pemecahan masalah, Gaya BelajarAbstract
Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui apakah siswa yang diberi pembelajaran matematika melalui pendekatan RME dengan pemecahan masalah lebih baik prestasi belajarnya dibandingkan dengan siswa yang diberi pembelajaran matematika dengan menggunakan pendekatan konvensional pada materi pokok segi empat, (2) Untuk mengetahui efektivitas gaya belajar siswa kelas VII SMP terhadap prestasi belajar matematika, (3) Untuk mengetahui apakah pada masing-masing dengan gaya belajar, pendekatan RME dengan pemecahan masalah akan menghasilkan prestasi belajar matematika siswa yang lebih tinggi dibandingkan dengan pendekatan konvensional. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara stratified cluster random sampling. Populasinya siswa kelas VII SMP N 2 Karanganom Semester II yang dibagi menjadi 2 kelompok yaitu kelompok ekperimen dan kontrol. Penelitian ini termasuk eksperimental semu dengan pengujian hipotesis menggunakan anava dua jalan dengan sel tak sama, dengan taraf signifikansi 5%. Dari hasil analisis disimpulkan bahwa: (1) prestasi belajar matematika siswa pada pokok bahasan segi empat melalui pendekatan RME dengan pemecahan masalah lebih baik daripada prestasi belajar matematika siswa dengan menggunakan pendekatan konvensional, (2) siswa pada gaya belajar visual, auditorial maupun kinestetik mempunyai prestasi belajar yang sama, (3) prestasi belajar matematika siswa pada masing masing gaya belajar dan pendekatan pembelajaran adalah sama.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors agree that this article remains permanently open access under the terms of the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License