Kompetensi Kepribadian Widyaiswara dan Pengaruhnya terhadap Hasil Belajar Peserta Diklat Prajabatan CPNS K1/K2

Authors

  • Tarmujianto Tarmujianto Widyaiswara BPSDM Provinsi DKI Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.37640/jip.v12i2.290

Keywords:

hasil belajar, kompetensi kepribadian, widyaiswara

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kompetensi kepribadian Widyaiswara terhadap hasil belajar. Subyek penelitian ini adalah  peserta diklat prajabatan K1/K2 golongan III DKI Jakarta tahun 2019 yang berjumlah 166 peserta. Dalam pengambilan sampel menggunakan rumus Slovin dengan derajat kepercayaan 95%. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian korelasional. Teknik pengumpulan data melalui angket dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa kompetensi kerpibadian widyaiswara berpengaruh terhadap hasil belajar peserta diklat prajabatan. Hal ini terlihat dari hasil analisis data di mana nilai koefisien determinasi sebesar 0,307 yang menginformasikan bahwa kompetensi kepribadian widyaiswara memberikan kontribusi sebesar 30,7% dari hasil belajar, sedangkan sisanya dipegaruhi oleh variabel lain yang tidak menjadi fokus dalam penelitian ini. Sedangkan nilai koefisien regresi sebesar 3,076 menginformasikan adanya pengaruh yang positif dari kompetensi kepribadian widyaiswara terhadap hasil belajar. Artinya semakin baik kompetensi kepribadian widyaiswara maka hasil belajar akan semakin tinggi, begitu pula sebaliknya. Nilai koefisien ini juga mengartikan hasil belajar akan meningkat sebesar 3,076 pada setiap kenaikan satu-satuan dari kompetensi kepribadian widyaiswara.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Arjita, U. A. (2019). Pengaruh Kompetensi Widyaiswara terhadap Prestasi Peserta Diklat pada Matadiklat Etika Publik di Pusdiklat BPS. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 9(1), 76–81. https://doi.org/10.24246/j.js.2019.v9.i1.p76-81

Arrosit, A. M. M. (2018). Pengaruh Kompetensi Kepribadian dan Kompetensi Pedagogik Guru terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X di SMA Bakti Ponorogo Tahun Pelajaran 2017/2018. Skripsi tidak diterbitkan, Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo.

Dimyati,. & Mudjiono. (2018). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Hamzah, H. (2017). Kompetensi Widyaiswara dan Kualitas Diklat. Pembelajar: Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, dan Pembelajaran, 1(2), 111. https://doi.org/10.26858/pembelajar.v1i2.4865

Mansing, S. (2018). Pengaruh Kepribadian Guru PAI terhadap Hasil Belajar Siswa di Sekolah. IQRO: Journal of Islamic Education, 1(2), 121–128. https://doi.org/10.24256/iqro.v1i2.494

Moeheriono. (2012). Pengukuran Kinerja Berbasis Kompetensi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Muslim, A. A. (2016). Pengaruh Gaya Belajar, Pengelolaan Kelas dan Kompetensi Kepribadian Guru PAI terhadap Prestasi Belajar Siswa SMP Se-Kecamatan Dempet Bidang Studi PAI Tahun Pelajaran 2015/2016. Tesis tidak diterbitkan, Program Pasca Sarjana Magister Pendidikan Islam, Sekolah Tinggi Agama Negeri (STAIN) Kudus.

Ni’mah, K. (2014). Konsep Kompetensi Kepribadian Guru PAI (Telaah Kitab Ta’l?m al-Muta’allim Karya az-Zarnuji dan Kitab Ad?b al- ‘?lim wa al-Muta’allim Karya KH. Hasyim Asy’ari). Jurnal Pendidikan Agama Islam, 11(1), 79–94.

Peraturan Kepala LAN-RI. No. 10. (2015). Tentang Penyelenggaraan Diklat Prajabatan CPNS Golongan I, II dan III yang diangkat dari tenaga honorer K1/K2. Jakarta: Lembaga Administrasi Negara RI.

Peraturan Kepala LAN No. 5. (2008). Tentang Standar Kompetensi Widyaiswara. Jakarta: Lembaga Administrasi Negara RI.

PermenPAN-RB No. 22. (2014). Tentang Jabatan Fungsional Widyaiswara dan Angka Kreditnya. Jakarta: KemenPAN-RB Republik Indonesia.

Pitra, D. M. I. (2019). Pengaruh Kompetensi Kepribadian Guru terhadap Hasil Belajar PAI Siswa Kelas VIII SMPN 02 Seluma. Skripsi tidak diterbitkan, Program Studi Pendidikan Agama Islam Jurusan Tarbiyah Fakultas Tarbiyah Dan Tadris Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bengkulu.

Purnomo, A. P., & Andriani, L. (2019). Pengaruh Kompetensi Kepribadian Guru dan Fasilitas Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS SMA Negeri 8 Kota Jambi. Scientific Journals of Economic Education, 3(1), 11–21.

Sartika, S. H., Dahlan, D., & Waspada, I. (2018). Kompetensi Guru dan Motivasi Belajar Siswa terhadap Hasil Belajar melalui Kebiasaan Belajar Siswa. Manajerial: Jurnal Manajemen dan Sistem Informasi, 3(4), 39–51.

Suarjana, A. A. G. M., & Yintayani, N. N. (2017). Pengaruh Kompetensi Dosen terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa pada Jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Bali. Jurnal Bisnis dan Kewirausahaan, 13(2), 87–96.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sumantri, B. A., Abdullah, I., & Nurlaila. (2019). Pengaruh Kompetensi Kepribadian Guru terhadap Prestasi Belajar Siswa di MTS Ar-Riyadh 13 Ulu Palembang. Jurnal PAI Raden Fatah, 1(3), 294–309.

Sutopo, A. W. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Trigonometri Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) di XI-IPA 2 SMA Negeri 9 Jakarta. Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP) STKIP Kusuma Negara, 2(2), 15–26.

Uno, H. B. (2008). Model Pembelajaran. Yogyakarta: Andi Offset.

UU No. 14. (2005). Tentang Guru dan Dosen. Jakarta: Sekretariat Negara RI.

Downloads

Published

2021-01-15