Analisis Soal Ulangan Harian Matematika Kelas IX SMP Negeri 1 Toboali

Authors

  • Eka Rachma Kurniasi STKIP Muhammadiyah Bangka Belitung
  • Yopa Y STKIP Muhammadiyah Bangka Belitung
  • Frisyeila Karennisa STKIP Muhammadiyah Bangka Belitung

DOI:

https://doi.org/10.37640/jip.v12i1.276

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan matematis dan kualitas butir soal ulangan harian soal matematika kelas IX SMP Negeri 1 Toboali tahun ajaran 2019/2020. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah 36 siswa kelas IX SMP Negeri 1 Toboali tahun ajaran 2019/2020. Instrumen dalam penelitian ini adalah lembar wawancara, soal ulangan harian matematika yang berbentuk essai, lembar validasi ahli. Butir soal dianalisis kualitas butir soal menggunakan Microsoft Office Excel 2016. Hasil yang didapat soal ulangan harian berdasarkan kemampuan matematis terdiri atas pemahaman konsep, komunikasi matematis, penalaran matematis, dan pemecahan masalah matematis. Adapun kualitas butir soal adalah: 1) berdasarkan kriteria tingkat kesukaran diperoleh soal pemahaman konsep berada ditingkat mudah, soal komunikasi matematis berada ditingkat sedang, soal penalaran matematis berada ditingkat sedang, dan soal pemecahan masalah matematis berada ditingkat sukar; 2) berdasarkan kriteria daya pembeda diperoleh soal pemahaman konsep dan komunikasi matematis berdaya beda cukup, soal penalaran matematis berdaya beda baik, dan soal pemecahan masalah matematis berdaya beda sangat baik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alghadari, F., & Herman, T. (2018). The obstacles of geometric problem-solving on solid with vector and triangle approach. JPhCS, 1132(1), 012046.

Aliati., & Ibrahim, M. (2013). Kualitas Tes Ujian Nasional Matematika Siswa SMP Negeri di Kabupaten Buton Utara Tahun Ajaran 2011/2012. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, 1(1), 1-10.

Amelia, D., Susanto, S., & Fatahillah, A. (2016). Analisis Hasil Belajar Matematika Siswa pada Pokok Bahasan Himpunan Berdasarkan Ranah Kognitif Taksonomi Bloom Kelas VII-A di SMPN 14 Jember. Jurnal Edukasi, 2(1), 1-4.

Anggraeni, L. (2016). Peningkatkan Kompetensi Guru Menyusun Butir Soal Bermutu melalui Program Workshop. Jurnal Inovasi Pembelajaran Karakter, 1(2), 1-9.

Arikunto, S. (2012). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Aziz, H. E., & Hidayati, N. (2019). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMP pada Materi Aritmatika Sosial. In Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika (Sesiomadika), 2(1c), 824-828.

Budiman, A., & Jailani, J. (2014). Pengembangan Instrumen Asesmen Higher Order ThinkingSkill (HOTS) pada Mata Pelajaran Matematika SMP Kelas VIII Semester 1. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(2), 139-151.

Dahar, R. W. (2011). Teori-teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta:

Erlangga

Effendi, R. (2017). Konsep Revisi Taksonomi Bloom dan Implementasinya pada Pelajaran Matematika SMP. JIPMat, 2(1), 72-78.

Farida, N. (2015). Analisis Kesalahan Siswa SMP Kelas VIII dalam Menyelesaikan Masalah Soal Cerita Matematika. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 4(2), 42-52.

Fatimah, L. U., & Alfath, K. (2019). Analisis Kesukaran Soal, Daya Pembeda dan Fungsi Distraktor. Journal Al-Manar, 8(2), 37-64.

Halik, A. S., Mania, S., & Nur, F. (2019). Analisis Butir Soal Ujian Akhir Sekolah (UAS) Mata Pelajaran Matematika pada Tahun Ajaran 2015/2016 SMP Negeri 36 Makassar. Al asma: Journal of Islamic Education, 1(1), 11-17.

Hamzah, A. (2014).Evaluasi Pembelajaran Matematika. Jakarta: Rajawali Pers.

Hidayati, A., & Widodo, S. (2015). Proses Penalaran Matematis Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika pada Materi Pokok Dimensi Tiga Berdasarkan Kemampuan Siswa di SMA Negeri 5 Kediri. Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah di Bidang Pendidikan Matematika, 1(2), 131-143.

Husna, H., Ikhsan, M., & Fatimah, S. (2013). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share (TPS). Jurnal Peluang, 1(2), 81-92.

Imswatama, A.,& Muhassanah, N. (2016). Analisis Kesalahan Mahasiswa dalam Menyelesaikan Soal Geometri Analitik Bidang Materi Garis dan Lingkaran. Suska Journal of Mathematics Education, 2(1), 1-12.

Kurniasi, E. R., & Juwita, I. (2019). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Mahasiswa Ditinjau dari Kemampuan Tinggi, Sedang, Rendah. Edutainment, 7(1), 21-34.

Mania, S. (2012). Pengantar Evaluasi Pengajaran. Makassar: Alauddin University Press.

Minarti, E. D., Wahyudin., & Alghadari, F. (2018). Student’s conceptions and geometry problem-solving of the distance in cube. JPhCS, 1132(1), 012033.

Purwanti, M. (2014). Analisis Butir Soal Ujian Akhir Mata Pelajaran Akuntansi Keuangan Menggunakan Microsoft Office Excel 2010. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 12(2), 81-94.

Rahim, F. (2019). How To Steam Your Classroom. Jakarta: Agtifindo.

Rosilawati, R., & Alghadari, F. (2018). Konsepsi Siswa pada Suatu Bentuk Bangun Ruang Terkait dengan Rusuk dan Diagonal Sisi. Prisma, 7(2), 164-176.

Sapta, A. (2017). Pengaruh Penggunaan Quiz Creator Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal Mathematic Paedagogic, 1(1), 91-96.

Siswowijoyo, M., & Tiya, K. (2017). Deskripsi Kemampuan Literasi Matematika Siswa Kelas IX SMP Negeri di Kota Raha. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, 2(2), 73-90.

Son, A. L. (2019). Instrumentasi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis: Analisis Reliabilitas, Validitas, Tingkat Kesukaran dan Daya Beda Butir Soal. Gema Wiralodra, 10(1), 41-52.

Suhendri, H. (2011). Pengaruh Kecerdasan Matematis-Logis dan Kemandirian Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 1(1), 29-39.

Suherman, E. (2010). Evaluasi Pembelajaran Matematika. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Sumadiasa, I.G. (2014). Analisis Kesalahan Siswa Kelas VIII SMP Negeri 5 Dolo dalam Menyelesaikan Soal Luas Permukaan dan Volume Limas. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako, 1(2), 197-208.

Sumartini, T. S. (2016). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 148-158.

Umar, W. (2012). Membangun Kemampuan Komunikasi Matematis dalam Pembelajaran Matematika. Infinity Journal, 1(1), 1-9.

Warmi, A., Adirakasiswi, A. G., & Imami, A. I. (2019). Analisis Soal Penilaian Akhir Semester Mata Pelajaran Matematika SMP Berdasarkan Level Berpikir. Jumlahku: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan, 5(2), 53-63.

Wisnanti, A., Sunardi, S., & Trapsilasiwi, D. (2014). Pengembangan Instrumen Penilaian Metakognisi Siswa Sekolah Menengah Pertama Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Pada Pokok Bahasan Teorema Pythagoras Kelas VIII. KadikmA, 5(1), 77-86.

Downloads

Published

2020-07-22