Analisis Pemahaman Hak dan Kewajiban Pada Pelajaran PKN Kelas IV di SDIT Al Kautsar
DOI:
https://doi.org/10.37640/jcv.v2i2.2199Keywords:
Hak dan Kewajiban, pelajaran PKN, sekolah dasarAbstract
Pembelajaran PKN sangat memerlukan pemahaman yang harus dikuasai oleh peserta didik. Sebab dalam pembelajaran PKN akan ditumbuhkan dan dikembangkan kemampuan cara berfikir serta membentuk karakter peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisi pemahaman hak dan kewajiban pada pelajaran PKN yang dipelajari oleh siswa kelas IV SDIT Al Kautsar. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive random sampling. Penilitian dilaksanakan di SDIT Al Kautsar. Metode penilitian ialah metode kualitatif dengan analisis data wawancara dan observasi. Hasil penilitian menunjukkan pemahaman konsep, akan terjadi bila guru dan siswa harus terlibat langsung dalam kegiatan belajar di kelas. Sehingga siswa tidak hanya mengingat pelajaran yang diberikan guru dan sebaliknya guru tidak hanya sebagai pemberi pengetahuan kepada siswa. Pemahaman hak dan kewajiban dapat dimulai dari hak dan kewajiban di sekolah dan di rumah agar pembelajaran lebih membekas dalam ingatan peserta didik. Tidak terdapat kendala dalam memahami pembelajaran hak dan kewajiban yaitu kesulitan memahami tentang konsep, fungsi, definisi dan pelanggaran pada materi hak dan kewajiban, serta membedakan antara hak dengan kewajiban di sekolah maupun dirumah.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Nanda Lega Jaya Putra, Dinda Linta Putri, Kurnia Wahyuningsih, Herinto Sidik Iriansyah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors agree that this article remains permanently open access under the terms of the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License