Pengaruh Penggunaan Gadget terhadap Demokrasi, HAM dan Perilaku Belajar Positif Siswa
DOI:
https://doi.org/10.37640/jcv.v2i2.2167Keywords:
gadget, perilaku belajar positif, pembelajaran demokrasiAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh data empiris mengenai pengaruh Gadget pada Materi Demokrasi dan Hak Asasi Manusia dalam Kurikulum Mandiri terhadap Perilaku Belajar Positif siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei dan pendekatan korelasional. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Akuntansi dengan sampel yang terjangkau sebanyak 33 siswa yang diperoleh melalui teknik random sampling. Data yang dianalisis adalah analisis deskriptif, uji validitas, reliabilitas, uji-t, koefisien determinasi (KD) dan hipotesis statistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat korelasi positif antara pengaruh Gadget terhadap materi demokrasi dan HAM dalam Kurikulum Merdeka (X) dengan Perilaku Belajar Positif (Y). Hal ini dibuktikan dengan hasil analisis uji hipotesis ternyata r hitung lebih besar dari r tabel (0,562 > 0,344). Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif antara pengaruh gadget pada materi pembelajaran demokrasi dan hak asasi manusia dalam kurikulum mandiri terhadap perilaku belajar positif siswa. Sehingga penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif gadget pada materi pembelajaran demokrasi dan hak asasi manusia dalam kurikulum mandiri terhadap perilaku belajar positif siswa.
References
Goos, M. (2019). Publishing for International Impact in Mathematics Education Research Journals. In Leatham K. (ed), Designing, Conducting, and Publishing Quality Research in Mathematics Education (pp. 213-225). Switzerland: Springer, Cham. Dung, D. T. (2020). Kelebihan dan kekurangan pembelajaran virtual. IOSR Jurnal Penelitian & Metode Pendidikan 10.3, 45-48.
Haq, N. U. (2022). Penggunaan smartphone terhadap perubahan pola sosialisasi pada anak usia dini. Jurnal Dinamika Sosial Budaya, 23(2), 304-310.
Jatmika, S., Rahayu, R. P., & Karima, M. (2022). Manfaat dan Tantangan Gadget Sebagai Media Pembelajaran Efektif pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA. Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia, 7(2), 111-122.
Kuo, T. M., Tsai, C. C., & Wang, J. C. (2021). Menghubungkan efikasi diri pembelajaran berbasis web dan keterlibatan belajar dalam MOOC: Peran ketahanan akademik online. Internet dan Pendidikan Tinggi, 51, 100819.
Magdalena, I., Haq, A. S., & Ramdhan. (2020). Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Di Sekolah Dasar Negri Bojong 3 Pinang. . Bintang, 2(3), 418-430.
Naylah, F., Anekawati, A., & Matlubah, H. (2023). Pengaruh Perilaku Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa SMP. Jurnal Khazanah Akademia,02(02), 13-21.
Putri, A., & Murdy, K. (2019). Analisis Perilaku Belajar Siswa Kelas X ADP SMK Muhammadiyah 2 Pekanbaru. Jurnal EcoGen 2(4).
Putri, L. D. (2021). Waspadai dampak penggunaan gadget terhadap perkembangan sosial anak usia dini. Jendela PLS: Jurnal Cendekiawan Ilmiah Pendidikan Luar Sekolah, 6(1), 58-66.
Vicky, D., Adrianna, H., & Phan, B. (2023). Penggunaan Gadget oleh Anak Usia Dini di Era Digital untuk Meningkatkan Minat Belajar. Scientechno: Jurnal Sains dan Teknologi, 2(1), 17-34.
Wulandari, D., & Lestari. (2021). Pengaruh gadget terhadap perkembangan emosi anak.
Jurnal pendidikan tambusai, 5(1), 1689-1695.
Contoh Penulisan Referensi dari Buku:
Flinn, E. D., & Mulligan, A. (2019). The Primary STEM Ideas Book: Engaging Classroom Activities Combining Mathematics, Science and D&T. London: Routledge.
David, R., Teddlie, C., & Reynolds, D. (2000). The international handbook of school effectiveness research. New York: Psychology Press.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Dini Apriani, Purwani Puji Utami, Nanda Lega Jaya Putra

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors agree that this article remains permanently open access under the terms of the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License