Optimalisasi Motivasi Belajar PPKn melalui Metode Snowball Throwing
DOI:
https://doi.org/10.37640/jcv.v2i2.2164Keywords:
metode snowball throwing, motivasi belajar, ppknAbstract
Pembelajaran yang berkualitas ditentukan dari seberapa besar tingkat motivasi belajar siswa itu sendiri dan kreativitas yang di miliki oleh seorang pendidik. Salah satu strategi yang bisa diterapkan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa yaitu dengan menggunakan metode pembelajaran yang tepat sesuai kebutuhan, agar siswa dapat termotivasi untuk mengikuti proses pembelajaran. Salah satunya dengan menggunakan metode snowball throwing. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana penerapan metode snowball throwing dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada meteri PPKn. Metode yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas model Kurt Lewin yang dilakukan dalam tiga siklus dan subjek penelitian sebanyak 23 siswa SMA Attaqwa Bekasi kelas X. Sumber penelitian diperoleh melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan catatan lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode snowball throwing dapat meningkatkan motivasi belajar siswa, hal ini dapat dibuktikan dengan hasil presentase motivasi belajar siswa yang dilakukan pada setiap siklusnya mengalami peningkatan. Para pendidik dapat mengunakan metode snowball throwing sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan motivasi belajar siswa.
References
Fahmi, H., Utami, P. P., & Putra, N. L. J. (2020, November). Upaya meningkatkan motivasi belajar pkn dalam materi pemajuan, penghormatan dan perlindungan HAM melalui metode jigsaw. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara III (pp. 183-188).
Hrp, Nurlina Ariani, Zulaini Masruro (2022). Buku Ajar Belajar Dan Pembelajaran. Bandung: Widina Bhakti Persada Bandung.
Suralaga, Fadhilah. (2021). Psikologi Pendidikan Implikasi Dalam Pembelajaran. Depok: PT RajaGrafindo Persada.
Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional No. 20 Tahun 2003.” Zitteliana 19, no. 8
Ridwan, M., Utami, P. P., & Ayuningrum, S. (2020, November). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa PPKn pada Materi Norma Kesopanan melalui Metode Snowball Throwing. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara III (pp. 118-124). (2003): 159–170.
Shoimin, Aris. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Suparjilah, T. (2022). Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar PPKN melalu i Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing pada Siswa Kelas VIIIC SMP Negeri 1 Samigaluh Tahun Pelajaran 2019/2020. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 15039-15047.
Rahayu, S. P. (2018). Penerapan model pembelajaran snowball throwing untuk Meningkatkan motivasi belajar pada siswa kelas II SD. Jurnal Mutiara Pedagogik, 3(1), 87-94.
Salsabila, K. (2021). PENERAPAN MODEL SNOWBAL THORWING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TEMA INDAHNYA KERAGAMAN DI NEGERIKU SISWA KELAS IV DISEKOLAH DASAR (Penelitian Tindakan Kelas pada pokok bahasan Tema 7 Sub Tema 2 Kelas IV di Salah Satu Sekolah Negeri di Purwakarta Tahun Ajaran 2020/2021) (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Muhammad Haykal Fikri, Purwani Puji Utami, Nanda Lega Jaya Putra

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors agree that this article remains permanently open access under the terms of the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License