Meningkatkan Kecerdasan Kinestetik AUD di Kelas Melalui Kegiatan Senam Irama
DOI:
https://doi.org/10.37640/jcpaud.v2i02.2470Keywords:
Anak Usia Dini, Kecerdasan Kinestetik, Seni IramaAbstract
Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan anak TK kelompok A usia 4-5 tahun dalam meningkatkan kecerdasan kinestetik melalui kegiatan senam irama dengan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan di TK Kuttab Ababil. Teknik analisis data menggunakan observasi dan pemberian tes. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa kecerdasan kinestetik anak dapat ditingkatkan dengan kegiatan senam irama. hal ini dibuktikan kecerdasan kinestetik anak yang meningkat dari siklus I sampai dengan siklus II, dengan presentase rata-rata kecerdasan kinestetik pada siklus I sebesar 49,54% dan meningkat pada siklus II menjadi 89,60%.