Pelatihan Olimpiade Sains Nasional Bidang Matematika pada Siswa SMAN 1 Bati-Bati Kabupaten Tanah Laut Provinsi Kalimantan Selatan

Authors

  • Muhammad Ahsar Karim Universitas Lambung Mangkurat
  • Yuni Yulida Universitas Lambung Mangkurat
  • Faisal Faisal Universitas Lambung Mangkurat
  • Nor Hidayati Universitas Lambung Mangkurat
  • Alya Hanifah Arif Universitas Lambung Mangkurat
  • Audinta Sakti Firmansyah Universitas Lambung Mangkurat
  • Gusti Muhammad Rosyadi Universitas Lambung Mangkurat

DOI:

https://doi.org/10.37640/japd.v3i2.1849

Keywords:

matematika, olimpiade sains nasional, pelatihan, pretes dan postes

Abstract

Salah satu bidang favorit di kompetisi Olimpiade Sains Nasional adalah bidang Matematika. Dalam kompetisi ini, siswa memerlukan pemahaman konsep yang mendalam dan ide kreatif terhadap soal-soal olimpiade yang dihadapi. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dan pemahaman siswa dalam menyelesaikan soal-soal olimpiade. Metode yang dilakukan berupa ceramah, diskusi, dan latihan mandiri. Penyampaian materi yang paling ditekankan adalah bagaimana memahami soal dan memberikan tips penyelesaian. Untuk mengukur kemampuan dan pemahaman siswa, diberikan soal-soal yang relevan dengan olimpiade. Soal tersebut berupa pretes dan postes merupakan soal yang sama dengan tujuan untuk melihat apakah ada pengaruh sesudah dilaksanakan pelatihan. Hasil evaluasi kegiatan ini dilakukan melalui hasil pretes dan postes yang diperoleh, dengan menggunakan uji Wilcoxon, yaitu ada berpengaruh pelatihan terhadap kemampuan dan pemahaman siswa dalam menyelesaikan soal-soal olimpiade. Dari 21 siswa, 17 siswa mengalami peningkatan dan 4 siswa memiliki nilai yang sama. Nilai minimum dan maksimum yang diperoleh pada saat pretes adalah 0 dan 40 poin, sedangkan saat postes adalah 20 dan 60. Rata-rata total peningkatan nilai sebesar 28.571. Selain itu, hasil evaluasi peserta terhadap seluruh rangkaian kegiatan pelatihan disimpulkan baik dan sangat baik.

Downloads

Published

2023-10-30