Penerapan Model Pembelajaran Proyek Bermuatan Konten STEAM melalui Media Komik dalam Implementasi Kurikulum Merdeka di Satuan PAUD

Authors

  • Hapidin Hapidin Universitas Negeri Jakarta
  • Winda Gunarti Universitas Negeri Jakarta
  • Yuli Pujianti STIT Al-Marhalah Al-‘Ulya Bekasi
  • Suharti Suharti STIT Al-Marhalah Al-‘Ulya Bekasi

DOI:

https://doi.org/10.37640/japd.v3i2.1781

Keywords:

literasi budaya maritim, media komik, pembelajaran proyek

Abstract

Media komik sebagai alat pembelajaran dapat mengkomunikasikan pesan dan informasi dengan komprehensif, menarik, dan bermakna. Cerita dalam komik mampu mengakomodasi berbagai materi pembelajaran seperti sains, teknologi, rekayasa, seni, dan matematika (konten STEAM). Pendidik PAUD perlu memahami penerapan komik ini dalam pembelajaran proyek untuk mengintegrasikan konten STEAM dan pengalaman bermain anak. Penggunaan komik diharapkan meningkatkan pemahaman literasi budaya maritim pada anak usia dini di Kabupaten Kepulauan Seribu. Metode pelaksanaan pengabdian masyarakat ini didasarkan pada metode pelatihan partisipatif, diskusi terfokus dan kegiatan workshop di TK Negeri 01 kelurahan Pulau Untung Jawa dan TK Negeri 01, Pulau Kelapa, Kabupaten Kepulauan Seribu. Kegiatan menghasilkan beberapa temuan yakni (1) Media komik sangat efektif dan menarik untuk memberikan gambaran tentang kegiatan proyek dan konten STEAM untuk satuan PAUD, (2) Pembelajaran proyek bermuatan konten STEAM dapat dirancang melalui perangkat pembelajaran dan modul ajar berbasis tema kemaritim, (3) Pembelajaran proyek bermuatan konten STEAM dapat menjadi salah satu penciri implementasi kurikulum merdeka di satuan PAUD, dan (4) penggunaan media komik dalam pembelajaran proyek bermuatan konten STEAM dapat meningkatkan literasi budaya maritim anak usia dini.

References

Ahmad, T. A. (2017). Urgensi dan Relevansi Pembelajaran Sejarah Maritim untuk Wilayah Pedalaman. Paramita: Historical Studies Journal, 27(1), 113-126. http://dx.doi.org/10.15294/paramita.v27i1.9190

Almulla, M. A. (2020). The Effectiveness of the Project-Based Learning (PBL) Approach as a Way to Engage Students in Learning. SAGE Open, 10(3). https://doi.org/10.1177/2158244020938702

Connor, A. M., Karmokar, S., & Whittington, C. (2015). From STEM to STEAM: Strategies for Enhancing Engineering & Technology Education. International Journal of Engineering Pedagogy, 5(2), 37-47. https://doi.org/10.3991/ijep.v5i2.4458

DeJarnette, N. K. (2018). Implementing STEAM in the early childhood classroom. European Journal of STEM Education, 3(3), 18. https://doi.org/10.20897/ejsteme/3878

Farida, N., & Rasyid, H. (2019, April). The effectiveness of project-based learning approach to social development of early childhood. In International Conference on Special and Inclusive Education (ICSIE 2018) (pp. 369-372). Atlantis Press. https://doi.org/10.2991/icsie-18.2019.67

Garba, S. A., Byabazaire, Y., & Busthami, A. H. (2015). Toward the use of 21stcentury teaching-learning approaches: The trend of development in Malaysian schools within the context of Asia Pacific. International Journal of Emerging Technologies in Learning, 10(4), 72–79. https://doi.org/10.3991/ijet.v10i4.4717

Hapidin, H., Dhieni, N., & Pujianti, Y. (2019). Transformative Education Perspective: The Maritime Cultural Literacy of the Society Kepulauan Seribu, DKI Jakarta, Indonesia. In Proceedings of the International Conference on Education, Language and Society (pp. 168-174). https://doi.org/10.5220/0008996001680174

Hapidin, H., Gunarti, W., Pujianti, Y., & Syarah, E. S. (2020). STEAM to R-SLAMET modification: An integrative thematic play based learning with R-SLAMETS content in early child-hood education. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 14(2), 262-274. https://doi.org/10.21009/JPUD.142.05

Hapidin, H., Nurjannah, N., & Hartati, S. (2018). Pengembangan Model Pembelajaran Tematik Integratif berbasis proyek dalam menerapkan pendidikan kelautan pada anak di Kepulauan Seribu. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 12(1), 51–65. https://doi.org/10.21009/JPUD.121

Ismuwardani, Z., Nuryatin, A., & Doyin, M. (2018). Implementation of Project Based Learning Model to Increased Creativity and Self-Reliance of Students on Poetry Writing Skills. Journal of Primary Education, 8(1), 51–58. https://doi.org/10.15294/jpe.v8i1.25229

Lampe, M. (2012). Bugis–Makassar seamanship and reproduction of maritime cultural values in Indonesia. Jurnal Humaniora, 24(2), 121–132.

Mengmeng, Z., Xiantong, Y., & Xinghua, W. (2019). Construction of STEAM curriculum model and Case Design in kindergarten. American Journal of Educational Research, 7(7), 485-490.

Prameswari, T., & Lestariningrum, A. (2020). Strategi Pembelajaran Berbasis STEAM Dengan Bermain Loose Parts Untuk Pencapaian Keterampilan 4c Pada Anak Usia 4-5 Tahun. Efektor, 7(1), 24-34. https://doi.org/10.29407/e.v7i1.14387

Wahyuningsih, S., Pudyaningtyas, A. R., Hafidah, R., Syamsuddin, M. M., Nurjanah, N. E., & Rasmani, U. E. E. (2019). Efek Metode STEAM pada Kreatifitas Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 295-301. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.305

Downloads

Published

2023-10-30