Penerapan Model Pembelajaran Proyek Bermuatan Konten STEAM melalui Media Komik dalam Implementasi Kurikulum Merdeka di Satuan PAUD
DOI:
https://doi.org/10.37640/japd.v3i2.1781Keywords:
literasi budaya maritim, media komik, pembelajaran proyekAbstract
Media komik sebagai alat pembelajaran dapat mengkomunikasikan pesan dan informasi dengan komprehensif, menarik, dan bermakna. Cerita dalam komik mampu mengakomodasi berbagai materi pembelajaran seperti sains, teknologi, rekayasa, seni, dan matematika (konten STEAM). Pendidik PAUD perlu memahami penerapan komik ini dalam pembelajaran proyek untuk mengintegrasikan konten STEAM dan pengalaman bermain anak. Penggunaan komik diharapkan meningkatkan pemahaman literasi budaya maritim pada anak usia dini di Kabupaten Kepulauan Seribu. Metode pelaksanaan pengabdian masyarakat ini didasarkan pada metode pelatihan partisipatif, diskusi terfokus dan kegiatan workshop di TK Negeri 01 kelurahan Pulau Untung Jawa dan TK Negeri 01, Pulau Kelapa, Kabupaten Kepulauan Seribu. Kegiatan menghasilkan beberapa temuan yakni (1) Media komik sangat efektif dan menarik untuk memberikan gambaran tentang kegiatan proyek dan konten STEAM untuk satuan PAUD, (2) Pembelajaran proyek bermuatan konten STEAM dapat dirancang melalui perangkat pembelajaran dan modul ajar berbasis tema kemaritim, (3) Pembelajaran proyek bermuatan konten STEAM dapat menjadi salah satu penciri implementasi kurikulum merdeka di satuan PAUD, dan (4) penggunaan media komik dalam pembelajaran proyek bermuatan konten STEAM dapat meningkatkan literasi budaya maritim anak usia dini.
References
Ahmad, T. A. (2017). Urgensi dan Relevansi Pembelajaran Sejarah Maritim untuk Wilayah Pedalaman. Paramita: Historical Studies Journal, 27(1), 113-126. http://dx.doi.org/10.15294/paramita.v27i1.9190
Almulla, M. A. (2020). The Effectiveness of the Project-Based Learning (PBL) Approach as a Way to Engage Students in Learning. SAGE Open, 10(3). https://doi.org/10.1177/2158244020938702
Connor, A. M., Karmokar, S., & Whittington, C. (2015). From STEM to STEAM: Strategies for Enhancing Engineering & Technology Education. International Journal of Engineering Pedagogy, 5(2), 37-47. https://doi.org/10.3991/ijep.v5i2.4458
DeJarnette, N. K. (2018). Implementing STEAM in the early childhood classroom. European Journal of STEM Education, 3(3), 18. https://doi.org/10.20897/ejsteme/3878
Farida, N., & Rasyid, H. (2019, April). The effectiveness of project-based learning approach to social development of early childhood. In International Conference on Special and Inclusive Education (ICSIE 2018) (pp. 369-372). Atlantis Press. https://doi.org/10.2991/icsie-18.2019.67
Garba, S. A., Byabazaire, Y., & Busthami, A. H. (2015). Toward the use of 21stcentury teaching-learning approaches: The trend of development in Malaysian schools within the context of Asia Pacific. International Journal of Emerging Technologies in Learning, 10(4), 72–79. https://doi.org/10.3991/ijet.v10i4.4717
Hapidin, H., Dhieni, N., & Pujianti, Y. (2019). Transformative Education Perspective: The Maritime Cultural Literacy of the Society Kepulauan Seribu, DKI Jakarta, Indonesia. In Proceedings of the International Conference on Education, Language and Society (pp. 168-174). https://doi.org/10.5220/0008996001680174
Hapidin, H., Gunarti, W., Pujianti, Y., & Syarah, E. S. (2020). STEAM to R-SLAMET modification: An integrative thematic play based learning with R-SLAMETS content in early child-hood education. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 14(2), 262-274. https://doi.org/10.21009/JPUD.142.05
Hapidin, H., Nurjannah, N., & Hartati, S. (2018). Pengembangan Model Pembelajaran Tematik Integratif berbasis proyek dalam menerapkan pendidikan kelautan pada anak di Kepulauan Seribu. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 12(1), 51–65. https://doi.org/10.21009/JPUD.121
Ismuwardani, Z., Nuryatin, A., & Doyin, M. (2018). Implementation of Project Based Learning Model to Increased Creativity and Self-Reliance of Students on Poetry Writing Skills. Journal of Primary Education, 8(1), 51–58. https://doi.org/10.15294/jpe.v8i1.25229
Lampe, M. (2012). Bugis–Makassar seamanship and reproduction of maritime cultural values in Indonesia. Jurnal Humaniora, 24(2), 121–132.
Mengmeng, Z., Xiantong, Y., & Xinghua, W. (2019). Construction of STEAM curriculum model and Case Design in kindergarten. American Journal of Educational Research, 7(7), 485-490.
Prameswari, T., & Lestariningrum, A. (2020). Strategi Pembelajaran Berbasis STEAM Dengan Bermain Loose Parts Untuk Pencapaian Keterampilan 4c Pada Anak Usia 4-5 Tahun. Efektor, 7(1), 24-34. https://doi.org/10.29407/e.v7i1.14387
Wahyuningsih, S., Pudyaningtyas, A. R., Hafidah, R., Syamsuddin, M. M., Nurjanah, N. E., & Rasmani, U. E. E. (2019). Efek Metode STEAM pada Kreatifitas Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 295-301. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.305
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Hapidin Hapidin, Winda Gunarti, Yuli Pujianti, Suharti Suharti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Author(s) agree that this article remains permanently open access under the terms of the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License