Kiat Menjadi Pegiat dan Pengajar Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing: Membidik Potensi dan Peluang

Authors

  • Bejo Sutrisno Sekolah Tinggi Bahasa Asing IEC Jakarta
  • Agus Sulaeman Universitas Muhammadiyah Tangerang
  • Mukhlasul Fasikh Sekolah Tinggi Bahasa Asing IEC Jakarta
  • Audi Yundayani STKIP Kusuma Negara

DOI:

https://doi.org/10.37640/japd.v1i2.1031

Keywords:

Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA), seminar dalam jaringan

Abstract

Internasionalisasi bahasa Indonesia memberikan dampak positif terhadap munculnya peluang menjadi pegiat dan pengajar bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA). Peluang dan potensi ini menjadi sebuah daya tarik tersendiri, hanya saja masih terdapat tanda tanya besar terkait apa itu BIPA, apa yang harus disiapkan, dan apa yang harus dilakukan untuk mengambil peluang tersebut. Kegiatan ini ditujukan untuk memberikan informasi tentang BIPA, memberikan gambaran tentang peluang-peluang apa saja yang muncul, bagaimana menjadi pegiat dan pengajar BIPA, dan berbagai tantangan yang akan dihadapi. Kegiatan yang diikuti oleh 98 peserta dari berbagai kalangan dilaksanakan dalam bentuk seminar dalam jaringan (daring) dengan pemaparan makalah dan pengalaman dari pemateri diikuti dengan sesi diskusi. Hasil dari kegiatan ini memberikan dampak positif. Peserta terlibat secara aktif dalam sesi diskusi. Umpan balik yang diberikan peserta setelah selesai acara menggambarkan mereka termotivasi untuk ingin lebih tahu lagi tentang BIPA. Mereka juga berharap STIBA IEC dapat melakukan lokakarya BIPA dasar untuk program kegiatan selanjutnya. Informasi tentang BIPA yang diberikan dapat memberikan stimulus dan informasi yang tepat bagi masyarakat luas.

References

Alawiyah, W. S. (2014). Pengembangan Tes Keterampilan Menulis Sebagai Upaya Penyiapan Alat Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia Bagi Penutur Asing. Bahtera Bahasa: Antologi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 1(6), 1-10.

Anggaira, A. S. (2019). Literasi Terkini Dalam Pembelajaran BIPA Pada Era Revolusi Digital. In Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang, 12(1), 29-39.

Anto, P., Hilaliyah, H., & Akbar, T. (2019). Pengutamaan Bahasa Indonesia: Suatu Langkah Aplikatif. El Banar: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 2(1), 17-24.

Arwansyah, Y. B., Suwandi, S., & Widodo, S. T. (2017). Revitalisasi peran budaya lokal dalam materi pembelajaran bahasa Indonesia bagi penutur asing (BIPA). Proceedings Education and Language International Conference, pp. 915-920.

Gloriani, Y. (2017). Konservasi dan Revitalisasi Bahasa sebagai Salah Satu Upaya Internasionalisasi Bahasa Indonesia. Fon: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 11(2), 1-11.

Masreng, R. (2015). Diplomasi bahasa menjembatani keragaman bahasa daerah dan pengutamaan bahasa Indonesia. Retorika: Jurnal Ilmu Bahasa, 1(1), 155-167.

Ningrum, R. K., Waluyo, H. J., & Winarni, R. (2017). BIPA (Bahasa Indonesia Penutur Asing) sebagai upaya internasionalisasi universitas di Indonesia. The 1st Education and Language International Conference Proceeding, pp.726–732.

Rohimah, D. F. (2018). Internasionalisasi bahasa Indonesia dan internalisasi budaya Indonesia melalui bahasa Indonesia bagi penutur asing (BIPA). An-Nas: Jurnal Humaniora, 2(2), 199–212.

Sari, R. (2020). Belajar Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) dengan Mudah dan Cepat untuk Pemula: Komunikasi Aktif. Penerbit Pustaka Rumah Cinta.

Sukma, B. P., Puspitasari, D. A., Amalia, C., Okitasari, I., Prayoga, R. A., Amanat, T., ... & Mifthah, M. Y. F. (2021). Demi Bahasa Bermanfaat Dan Bermartabat: Percikan Pemikiran Strategi Kebahasaan Dalam Dinamika Bahasa, Pendidikan, Dan Kebudayaan Era Kiwari. Deepublish.

Susilo, J. (2016). Pengembangan kurikulum bahasa Indonesia bagi penutur asing. Deiksis Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 3(1), 44-53.

Tanwin, S. (2020). Pembelajaran BIPA (Bahasa Indonesia Penutur Asing) Dalam Upaya Internasionalisasi Universitas di Indonesia pada Era Globalisasi. Bahasa Indonesia Prima (BIP), 2(2), 31-38.

Ulumuddin, A., & Wismanto, A. (2014). Bahan ajar bahasa Indonesia ranah sosial budaya bagiapenutur bahasa asing (BIPA). Jurnal Sasindo, 2(1), 15-35.

Wahyono, T., & Farahsani, Y. (2017). Penerapan pendekatan proses untuk meningkatkan keterampilan berbicara bahasa indonesia bagi penutur asing. AKSIS: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 1(2), 204-220.

Werdiningsih, E. (2018). Menumbuhkan Rasa Bangga Generasi Muda Terhadap Bahasa Indonesia sebagai Bahasa Nasional dan Internasional. Likhitaprajna, 18(2), 20-25.

Widianto, E. (2017). Media Wayang Mini dalam Pembelajaran Keterampilan Berbicara Bagi Pemelajar BIPA A1 Universitas Ezzitouna Tunisia. Kredo: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra, 1(1), 120-143.

Downloads

Published

2021-10-18