Pelatihan Implementasi Guided Discovery Learning Berbasis APOS pada Guru-guru SMP Plus Al-Azhar

Authors

  • Oom Rohmah Syamsudin Universitas Indraprasta PGRI
  • Andri Suryana Universitas Indraprasta PGRI
  • Mamik Suendarti Universitas Indraprasta PGRI
  • Ayu Wulandari STKIP Kusuma Negara

DOI:

https://doi.org/10.37640/japd.v1i2.1014

Keywords:

Guided Discovery Learning, APOS, Konstruktivisme

Abstract

Sebagian besar guru di level SMP, termasuk di SMP Plus Al-Azhar, kadangkala mengalami kesulitan dalam mengajarkan mata pelajaran ke peserta didik di sekolah, seperti halnya pada mata pelajaran MIPA (Matematika dan IPA) serta bahasa. Oleh karena itu, dibutuhkan inovasi pembelajaran yang dapat mengaktifkan peserta didik dalam belajar. Salah satu pembelajaran inovatif yang berbasis konstruktivisme adalah guided discovery learning berbasis Actions, Processes, Objects, Schema (APOS). Guided discovery learning berbasis APOS merupakan pembelajaran yang memberikan kesempatan pada peserta didik untuk melakukan upaya coba-coba, penyelidikan, dan menarik kesimpulan dalam rangka menemukan pengetahuan baru. Untuk mengoptimalkan gagasan dan strategi peserta didik dalam menemukan pengetahuan baru, guru memberikan LKS berbasis APOS sebagai bentuk dari ‘guide’ agar proses penemuan menjadi terarah. Kegiatan pelatihan ini sangat berguna bagi guru-guru SMP Plus Al-Azhar karena mereka memperoleh pengetahuan dan wawasan terkait cara implementasi guided discovery learning berbasis APOS beserta aspek psikologinya agar dapat mengembangkan kemampuan kognitif peserta didiknya.

References

Herawati, M., Suryana, A., & Hapsari, F. (2021). Implementasi Pembelajaran Metakognitif berbasis APOS. SENADA: Semangat Nasional Dalam Mengabdi, 2(1), 75-82.

Herlina, E. (2013). Meningkatkan disposisi berpikir kreatif matematis melalui pendekatan APOS. Infinity Journal, 2(2), 169-182.

Herlina, E. (2015). Advanced mathematical thinking and the way to enhance it. Journal of Education and Practice, 6(5), 79-88.

Isnarto, I., Wahyudin, W., Suryadi, D., & Dahlan, J. A. (2014). Students’ proof ability: Exploratory studies of abstract algebra course. International Journal of Education and Research, 2(6), 215-228.

Prabawanto, S. (2012). Peningkatan kemampuan pemecahan masalah, komunikasi, dan self-efficacy matematis mahasiswa melalui pembelajaran dengan pendekatan metacognitive scaffolding. Disertasi. PPs UPI Bandung: Tidak diterbitkan.

Ritiauw, S. P., & Salamor, L. (2016). Mengembangkan keterampilan berpikir kritis siswa sekolah dasar melalui implementasi model pembelajaran sosial inkuiri. PEDAGOGIKA: Jurnal Pedagogika dan Dinamika Pendidikan, 4(1), 42-56.

Sari, N., & Rahman, N. (2018). Peningkatan Motivasi dan Kemampuan Kognitif IPA melalui Penerapan Model Cooperative Learning Tipe Jigsaw. PSEJ (Pancasakti Science Education Journal), 3(1), 34-42.

Slavin, R.E. (2011). Psikologi pendidikan: teori dan praktik. Jakarta: Indeks.

Suardipa, I. P., & Primayana, K. H. (2020). Peran desain evaluasi pembelajaran untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Widyacarya: Jurnal Pendidikan, Agama dan Budaya, 4(2), 88-100.

Sumarmo, U. (2013). Pembelajaran matematika. Dalam Suryadi, D., Turmudi, dan Nurlaelah, E. (Ed) Kumpulan makalah: Berpikir dan disposisi matematik serta pembelajarannya (pp. 122-146). Bandung: FPMIPA-UPI Press.

Suryadi, D. (2012). Membangun budaya baru dalam berpikir matematika. Bandung: Rizqi Press.

Suryana, A. (2016). Meningkatkan advanced mathematical thinking dan self-renewal capacity mahasiswa melalui pembelajaran model PACE. Disertasi. PPs UPI Bandung: Tidak diterbitkan.

Suryana, A. (2019). Analisis Kesulitan Mahasiswa dalam Menyelesaikan Soal Advanced Mathematical Thinking pada Mata Kuliah Pengantar Teori Peluang. Simposium Nasional Ilmiah & Call for Paper Unindra (Simponi), pp. 178-186. https://doi.org/10.30998/simponi.v0i0.491

Suryana, A., & Wulandari, A. (2019). Analisis Implementasi Guided Discovery Learning Berbasis PACE pada Mata Kuliah Statistika Matematika. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika (SNPM), pp. 537-551.

Suryana, A., & Nurrahmah, A. (2020). Guided discovery learning berbasis APOS: alternatif mengatasi kesulitan mahasiswa dalam berpikir reflektif matematis. Prosiding Seminar Nasional Sains 2020, 1(1): 361-372.

Yulianti, H., Iwan, C. D., & Millah, S. (2018). Penerapan Metode Giving Question And Getting Answer Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 6(2), 197-216. https://doi.org/10.36667/jppi.v6i2.297

Downloads

Published

2021-10-18