Pembinaan Pendidikan Karakter Cerdas melalui Format Kelompok (PKC-KO) untuk Membantu Mengatasi Kesulitan Belajar di SMK Tecma Ciambar
DOI:
https://doi.org/10.37640/japd.v1i2.1003Keywords:
format kelompok, karakter cerdas, kesulitan belajarAbstract
PKC-KO merupakan kegiatan kelompok yang mengahayati dan mengamalkan nilai- nilai karakter cerdas dalam wujud perilaku dan kehidupan pada umumnya. Tujuan pengabdian kepada masyarakat ini adalah membantu Guru Bimbingan Konseling (BK) untuk dapat meguasai teknik pelayanan konseling melalui PKC-KO dan juga memberikan pendampingan dengan memberikan pembinaan berupa penguatan dan pengoptimalan karakter cerdas melalui karakter akademik yang positif di dalam diri Siswa agar mampu secara mandiri melakukan problem solving atas permasalahan kesulitan belajar yang dirasakan. Adapun kegiatan pengabdian masyarakat ini dilakukan melalui metode klasikal yang dikombinasikan dengan ceramah dan Tanya jawab. Sasaran dari kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat ( ABDIMAS) ini adalah Guru BK dan Siswa di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Tecma Ciambar sebagai mitra kegiatan. Hasil kegiatan menunjukan adanya perubahan baik dalam wawasan, pengtahuan, keterampilan, nilai, dan sikap Guru BK di dalam menguasai teknik pelayanan konseling melalui PKC-KO, dan teratasinya permasalahan kesulitan belajar yang di alami oleh siswa di SMK Tecma Ciambar sehingga kegiatan ini memiliki kebermanfaatan yang merupakan hal penting dalam kegiatan pengabdian.
References
Amri, M. (2013). Urgensi Pembelajaran Bagi Pengembangan Karakter Akademik Mahasiswa Pendidikan Tinggi. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 16(2), 139–150. https://doi.org/10.24252/lp.2013v16n2a2.
Fitriyanti, E. (2015). Pengaruh Motivasi Belajar Dan Persepsi Siswa Atas Layanan Konseling Terhadap Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran IPS. Sosio E-Kons, 7(2), 90- 99. http://dx.doi.org/10.30998/sosioekons.v7i2.484
Ilyas, A., Folastri, S., & Solihatun, S. (2017). Diagnosa Kesulitan Belajar & Pembelajaran Remidial. Jakarta: Perpustakaan Nasional: Katalog Dalam Terbitan (KTD).
Omeri, N. (2015). Pentingnya pendidikan karakter dalam dunia pendidikan. Manajer Pendidikan, 9(3), 464-468.
Prayitno. (2014). Jenis Layanan dan Kegiatan Penduhng Konseling. Padang: FIP UNP.
Putri, R. D., & Ramadhani, E. (2018). Pendidikan Karakter Cerdas Format Kelompok (PKC-KO) dalam Membentuk Karakter Penerus Bangsa. Jurnal Dosen Universitas PGRI Palembang. https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/prosiding/article/view/1490/1300
Rangkuti, N. (2014). Meningkatkan Rasa Tanggung Jawab dalam Kegiatan Akademik melalui Pembelajaran Karakter Cerdas Format Kelompok Pkc Ko pada Konselor Sebaya di Universitas Negeri Medan Tahun 2014. UNIMED. http://digilib.unimed.ac.id/7809/5/1102151012%20BAB%20I.pdf.
Samani, M., & Hariyanto, M. S. (2011). Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Solihatun, S. (2019). Gambaran Kesulitan Belajar Siswa Serta Implikasinya Terhadap Pelayanan Bimbingan dan Konseling. Jurnal Counseling Care, 2(2), 56–64. https://doi.org/10.22202/jcc.2018.v2i2.3061
Solihatun, S., & Folastri, S. (2019). Program bimbingan dan konseling untuk mengatasi kesulitan belajar siswa SD Negeri 05 Ciganjur Jakarta Selatan. Teraputik: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 3(1), 35–40. https://doi.org/10.30998/teraputik.31122
Winarti, P. (2021). Analisis Kesulitan Belajar Mahasiswa dalam Perkuliahan Konsep Dasar IPA Fisika Secara Daring di Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 5(1), 93-107. https://doi.org/10.32585/jkp.v5i1.1076
Zulfahmi, Z., & Handayani, F. (2020). Analisis Kesulitan Belajar Mahasiswa Dalam Perkuliahan dan Praktikum Kimia Dasar Jurusan Farmasi Universitas Ubudiah Indonesia.. Journal of Education Science, 6(1), 86-95. https://doi.org/10.3314/jes.v6i1.831
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Jurnal Abdimas Prakasa Dakara

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Author(s) agree that this article remains permanently open access under the terms of the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License