Pemahaman Sistem dan Dinamika Demokrasi Pancasila dengan Sikap Demokrasi dan Tanggung Jawab Belajar

Authors

  • Kaharudin Kaharudin STKIP Arrahmaniyah
  • Mohamad Abduh STKIP Arrahmaniyah
  • Suidat Suidat STKIP Arrahmaniyah

DOI:

https://doi.org/10.37640/jcv.v1i1.917

Keywords:

Dinamika Demokrasi, Sikap Demokrasi, Tanggung Jawab Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data empiris mengenai: pemahaman system dan dinamika demokrasi Pancasila dengan sikap demokrasi dan tanggung jawab belajar siswa. Penelitian dilaksanakan mulai  Agustus sd Oktober 2020, metode yang digunakan adalah survey dengan pendekatan korelasional. Populasi  penelitian  adalah siswa SMAN 78 Jakarta 199 siswa. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi berganda. Instrumen yang digunakan adalah tes untuk variabel X1 (pemahaman sistem dan dinamika demokrasi pancasila), sedangkan variabel X2 (sikap demokrasi siswa), dan variabel Y (tanggung jawab belajar siswa) menggunakan angket. Keseluruhan instrument  diuji coba tingkat validitas dan reliabilitasnya pada taraf signifikansi 0,95 atau 0,05%. Pengujian hipotesis dilakukan dengan korelasi Product Moment. Dari hasil perhitungan diperoleh rxy X1 dan X2 bersama-sama dengan Y sebesar 0,9851 adapun rtabel sebesar 0,1391. Karena rhitung lebih besar dari rtabel (0,9851>0,1391), maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan signifikan. Koefisien determinasi sebesar 97,05. Dengan demikian konstribusi variabel X1 dan X2 terhadap Y sebesar 97,05%. Tingkat keberartian hubungan kedua variabel dilakukan dengan uji-F. Dari hasil perhitungan doperoleh Fhitung sebesar 3226,158 Taraf signifikansi 0,05 dengan dk=199 dan Ftabel sebesar 3,042 Dengan demikian Fhitung lebih besar dari Ftabel (3226,158>3,042). Perbandingan kedua nilai thitung tersebut menunjukkan adanya pengaruh yang berarti.

References

Aini, S. N. (2015). Penerapan sikap sosial tanggungjawab pada mata pelajaran IPS Terpadu kelas VII di MTsN Tumpang Kabupaten Malang (Skripsi, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).

Septiliana, N. R. (2011). Hubungan antara pemahaman demokrasi dan budaya demokrasi dengan sikap demokrasi pada siswa kelas XI sekolah menengah atas negeri 2 Karanganyar tahun ajaran 2010/2011 (Skripsi, Universitas Sebelas Maret).

Shoimin, A. (2014). Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-ruzz media.

Sugiono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta.

Ubaedillah, A., & Rozak, A. (2012). Pendidikan Kewarganegaraan (Civic Education): Pancasila, Demokrasi, HAM, dan Masyarakat Madani. Jakarta: ICCE UIN Syarif Hidayatullah.

Pudjiastuti, S. R. (2019). Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Media Akademi.

Pudjiastuti, S. R. (2020a). Implementasi Nilai-Nilai Pancasila bagi Generasi Milenial. In Tim Asosiasi Dosen Pancasila dan Kewarganegaraan (Eds.). Implementasi Nilai-Nila Pancasila Di Era 4.0, pp. 65-88. Depok: Gemala.

Pudjiastuti, S. R. (2020b). Internalisasi Nilai-Nilai Pancasila Dalam Mencegah Paham Radikal. Jurnal Ilmiah Mimbar Demokrasi, 19(2), 32-39.

Downloads

Published

2021-03-18