Pengaruh Model Pembelajaran Bermain Peran (Role Playing) terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran PPKn pada Materi Sumpah Pemuda dalam Bingkai Bhineka Tunggal Ika
DOI:
https://doi.org/10.37640/jcv.v1i1.909Keywords:
Bermain Peran, Hasil Belajar, Semangat KebangsaanAbstract
Mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) menjadi salah satu mata pelajaran yang memiliki tujuan untuk menumbuhkan nilai-nilai dan kebangsaan peserta didik selain juga untuk meningkatkan aspek pengetahuan yang diukur melalui hasil belajar. Namun, banyak peserta didik menganggap pelajaran PPKn tidak menarik dan membosankan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pembelajaran bermain peran terhadap hasil beajar dan semangat kebangsaan siswa. Desain penelitian ini adalah pretest-postest one group design. Dalam desain ini, observasi dilakukan dua kali, yaitu sebelum dan sesudah eksperimen. Observasi yang dilakukan sebelum eksperimen disebut pretes dan observasi sesudah eksperimen disebut postes. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan instrumen tes berbentuk pilihan ganda untuk mengetahui pengaruh pembelajaran bermain peran yang telah memenuhi uji validitas dan reliabilitas. Subjek penelitian adalah siswa SMP Karakter, Depok yang dipilih secara purposif sampling. Analisis data hasil belajar menggunakan uji-t untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran terhadap hasil belajar. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh positif model pembelajaran bermain peran terhadap hasil siswa dan semangat kebangsaan pada materi Sumpah Pemuda, mata pelajaran PPKn.
References
Amin, Z. L. (2010). Pendidikan Kewarganegaraan. Universitas Terbuka.
Arikunto, S. (2005). Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Djamarah, S. B., & Zain, A. (2007). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Handayani, T. (2017). Penerapan Metode Role Playing untuk Meningkatkan Kompetensi Belajar pada Mata Kuliah MSDM. Jurnal Utilitas, 3(1), 1-13.
Herlanti, Y. (2008). Tanya Jawab Seputar Penelitian Pendidikan Sains. Jakarta
Huda, M. (2013). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran.Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Jehaut, Y. A., Harini, H., & Ayuningrum, S. (2020). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar PPKn pada Materi Sumpah Pemuda melalui Metode Role Playing. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara II (pp. 36-43).
KEMDIKBUD. (2011). Pedoman pelaksanaan pendidikan karakter. Jakarta: Kementrian Pendidikan Nasional Badan Penelitian dan
Mulyono. (2012). Strategi Pembelajaran (Menuju Efektivitas Pembelajaran di Abad Global). Malang: UIN Maliki Press.
Nadar, W. (2018). Improving Spiritual Intelligence Through Role Play. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 9(1), 44-50.
Nirmayani, L. H. (2020). Peningkatan Kualitas Pembelajaran PKn di Sekolah Dasar Melalui Model Pengajaran Bermain Peran. Edukasi: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(2), 207-215.
Wahab, A. A. (2007). Metode dan Model-Model Mengajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Bandung: Alfabata.
Winkel, W. S. (1999). Psikologi Pengajaran, Jakarta: PT Grasindo.
Yenti, A. K. P., Asri, S. A., & Oktaviany, V. (2020). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa dengan Menggunakan Metode Role Playing. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara II (pp. 179-183).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Jurnal Citizenship Virtues
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Author(s) agree that this article remains permanently open access under the terms of the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License