Model Proses Inovasi Kurikulum Merdeka Implikasinya Bagi Siswa Dan Guru Abad 21

Authors

  • Pat Kurniati STKIP Arrahmaniyah Depok
  • Andjela Lenora Kelmaskouw STKIP Arrahmaniyah Depok
  • Ahmad Deing STKIP Arrahmaniyah Depok
  • Bonin Bonin STKIP Arrahmaniyah Depok
  • Bambang Agus Haryanto STKIP Arrahmaniyah Depok

DOI:

https://doi.org/10.37640/jcv.v2i2.1516

Keywords:

Abad 21, , Inovasi Kurikulum Era 4.0, Merdeka Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk ngeuak serta menggali tentang; 1) bagaimana Model Proses Inovasi Kurikulum Merdeka?; 2) bagaimana implikasi kurikulum merdeka bagi siswa dan guru di indonesia pada abad 21?. Berdasarkan Jenis dan Analisisnya Penelitian tentang merdeka belajar ini adalah termasuk penelitian Kualitatif. Dimana sumber penelitian diperoleh dari berbagai sumber kepustakaan seperti buku, jurnal, internet, serta sumber lainnya yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; 1) Model Proses Inovasi Kurikulum Merdeka dilakukan melalui pengurangan Kompetensi Dasar untuk setiap mata pelajaran sehingga guru dan siswa dapat lebih fokus pada kompetensi esensial untuk kelanjutan pembelajaran di tingkat selanjutnya, dimana Esensi merdeka belajar adalah kebebasan guru dan siswa dalam proses pembelajaran; 2) Sedangkan implikasi kurikulum merdeka bagi siswa dan guru di Indonesia adalah terkait karakteristik yang digunakan dalam kurikulum ini yakni siswa dan guru secara bersama-sama melaksanakan Pembelajaran berbasis proyek untuk mengembangkan soft skill dan karakter sesuai profil pelajar Pancasila, dimana Fokus kepada materi esensial sehingga ada waktu untuk pembelajaran yang mendalam bagi kompetensi dasar antara lain: literasi dan numerasi. Selain itu Fleksibilitas guru untuk melakukan pembelajaran yang terdiferensiasi sesuai kemampuan peserta didik.

References

Aditya, R. (2022, Juli 6). Apa itu Kurikulum Merdeka Belajar? Ketahui Penjelasan Keunggulan dan Karakteristik Utamanya. suara.com. https://www.suara.com/news/2022/07/06/064500/apa-itu-kurikulum-merdeka-belajar-ketahui-penjelasan-keunggulan-dan-karakteristik-utamanya

Alberty, H. B. (1947). Reorganizing the High-School Curriculum. The Macmillan.

Ananda, R., & Amiruddin. (2017). Inovasi Pendidikan: Melejitkan Potensi Teknologi Dan Inovasi Pendidikan. Cv. Widya Puspita.

Daga, A. T. (2021). Makna Merdeka Belajar dan Penguatan Peran Guru di Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(3), 1075–1090. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1279

Dawley, D., & Havelka, D. (2004). A Curriculum Development Process Model. Journal of College Teaching & Learning (TLC), 1(2), Article 2. https://doi.org/10.19030/tlc.v1i2.1914

en.wikipedia.org. (2022). 21st century. Dalam Wikipedia. https://en.wikipedia.org/w/index.php?title=21st_century&oldid=1103233618

Fatimah, I. F. (2021). Strategi Inovasi Kurikulum. EduTeach?: Jurnal Edukasi dan Teknologi Pembelajaran, 2(1), 16–30. https://doi.org/10.37859/eduteach.v2i1.2412

Glatthorn, A. A., Boschee, F., Whitehead, B. M., & Boschee, B. F. (2015). Curriculum Leadership: Strategies for Development and Implementation. SAGE Publications.

Hafizhah, Z. (2021). Inovasi Pendidikan Era Revolusi Industri 4.0. Seri Publikasi Pembelajaran, 1(2).

Havelock, R. G., & Huberman, A. M. (1978). Solving Educational Problems: The Theory and Reality of Innovation in Developing Countries. Praeger.

Heppy S, A., & Bagja, K. (2022, Juli 6). Kurikulum Merdeka Belajar: Penjelasan, Konsep, Keunggulannya yang Perlu Diketahui. INews.ID. https://www.inews.id/news/nasional/kurikulum-merdeka-belajar-penjelasan-konsep-keunggulannya-yang-perlu-diketahui

Hung, C.-Y. (2021). The revival of the process model in curriculum design: Changes and challenges in the new taiwanese citizenship curriculum. Journal of Curriculum Studies, 0(0), 1–17. https://doi.org/10.1080/00220272.2021.1957157

Julaeha, S., Muslimin, E., Hadiana, E., & Zaqiah, Q. Y. (2021). Manajemen Inovasi Kurikulum: Karakteristik dan Prosedur Pengembangan Beberapa Inovasi Kurikulum. MUNTAZAM: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(01), Article 01. https://doi.org/10.1212/mj.v2i01.5338

Kelly, P. J. (1970). The Process of Curriculum Innovation. Paedagogica Europaea, 6, 84–106. https://doi.org/10.2307/1502501

Kurniati, P., Putra, H. M., Komara, L. S., Wibianika, H., & Setiansyah, R. (2021). Budaya Kewarganegaraan, Praktek Kewarganegaraan dan Pendidikan Untuk Kewarganegaraan Demokratis. Jurnal Ilmiah UPT P2M STKIP Siliwangi, 8(2), 9.

Kurniati, P., Putra, H. M., Prakasa, A., & Pratomo, W. (2022). Cara Mudah Belajar Menulis Jurnal Menggunakan Referensi Otomatis Microsoft Word dan Zotero. Jurnal Ilmiah P2M STKIP Siliwangi, 9(1), 11. https://doi.org/10.22460/p2m.v9i1.3131

Kusnandi. (2019). Model Inovasi Pendidikan Dengan Strategi Implementasi Konsep Dare to Be Different. Jurnal Wahana Pendidikan, 4(1), 132–144. https://doi.org/10.25157/wa.v4i1.391

Lie, A. (2022, Februari 14). Inovasi Kurikulum Merdeka. kompas.id. https://www.kompas.id/baca/artikel-opini/2022/02/14/inovasi-kurikulum-merdeka

Markee, N. (2019). Managing Curricular Innovation. Universitas Pendidikan Indonesia.

Maryati, S. (2020). Inovasi Kurikulum Berdasarkan Komponen Kurikulum Strategi Dan Evaluasi. Al-Karim, 5(2), 51–66.

Maskur, R. (2020). Teori dan Telaah Pengembangan Kurikulum. Aura.

Muali, C., Wibowo, A., Hambali, H., Gunawan, Z., & Hamimah, I. (2020). Pesantren dan Millennial Behaviour: Tantangan Pendidikan Pesantren dalam Membina Karakter Santri Milenial. At-Tarbiyat?:Jurnal Pendidikan Islam, 3(2), 131–146. https://doi.org/10.37758/jat.v3i2.225

Mustopa, M., Ahyani, H., & Hapidin, A. (2021). Ideologi dan Spirit Sistem Pendidikan Tinggi Islam Indonesia Era Industri 4.0 dan Relevansinya dengan Pencegahan Radikalisme. Al-Fikru: Jurnal Ilmiah, 15(1), 40–52. https://doi.org/10.51672/alfikru.v15i1.40

Mustopa, M., Hapidin, A., Rayana, J., Bumaeri, A. D. A., & Ahyani, H. (2021). Eksistensi Model Perguruan Tinggi di Lingkungan Pondok Pesantren (Studi Tentang Peluang dan Tantangannya di Era 4.0). Hikmah, 18(1), 81–90. https://doi.org/10.53802/hikmah.v18i1.92

Nimawati, N., & Zaqiah, Q. Y. (2020). Proses Inovasi Kurikulum: Difusi dan Diseminasi Inovasi, Proses Keputusan Inovasi. MISYKAT Jurnal Ilmu-ilmu Al-Quran Hadist Syari ah dan Tarbiyah, 5(2), 81–98. https://doi.org/10.33511/misykat.v5n2.81-98

Putra, H. M., Prakasa, A., & Kurniati, P. (2022). Internalisasi Nilai Kemandirian Anak melalui Parenting. Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 3846–3854. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2342

Sulistyo, I. R. (2021). Selamat Datang Kurikulum 2022 Paradigma Baru, Simak Penjelasannya! - Berita Solo Raya. https://prsoloraya.pikiran-rakyat.com/pendidikan/pr-1113200407/selamat-datang-kurikulum-2022-paradigma-baru-simak-penjelasannya

Syamsudin, Hapidin, A., & Ahyani, H. (2021). Answering Model Transformational leadership Private Higher Education in Era 4.0 Menjawab Model Kepemimpinan Transformasional Pendidikan Perguruan Tinggi Swasta di Era 4.0. Jurnal Nahdlatul Fikr, 3(1), 9–29.

Tanner, D., & Tanner, L. (2006). Curriculum Development: Theory Into Practice (4th Edition). Pearson.

Utomo, S. T. (2020). Inovasi Kurikulum Dalam Dimensi Tahapan Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam. Journal of Research and Thought on Islamic Education, 3(1), 19–38. https://doi.org/10.24260/jrtie.v3i1.1570

Downloads

Published

2023-05-18