Mata Pelajaran PPKn Sebagai Dasar Penerapan Nilai-Nilai Pancasila
DOI:
https://doi.org/10.37640/jcv.v2i2.1512Keywords:
Pendidikan Kewarganegaraan, Nilai Pancasila, Pancasila, Pelajaran PPKnAbstract
Dalam penelitian berbasis studi literatur ini menghasilkan suatu temuan mengenai fenomena masuknya budaya asing akibat adanya pengaruh globalisasi dan Pancasila adalah sebagai filter dari masuknya budaya asing tersebut. Penerrapan nilai-nilai Pancasila perlu dimulai sejak dalam lingkungan rumah, sekolah, maupun masyarakat. Oleh karena itu pentingnya peneraapan nilai-nilai Pancasila sebagai tolak ukur pencapaian nilai, etika, moral serta sikap dalam perilaku sehari-hari. Jadi dengan adanya penerapan nilai-nilai Pancasila ini diharapkan peserta didik dapat mengaplikasikan dan mengimplementasikan dalam proses pembelajaran seperti dengan melakukan hal-hal sederhana contoh berdoa sebelum memulai pelajaran, mentaati peraturan dan tata tertib sekolah, rukun berteman dengan mengedepankan sikap toleransi, aktif dan partisipatif dalam diskusi guna menyampaikan pendapat, berperilaku adil tidak membeda-bedakan. Tetap mengedepankan semboyan Bhineka Tunggal Ika. Demikian halnya dengan penerapan nilai-nilai dasar Pancasila dalam mata pelajaran PPKn di lembaga pendidikan sekolah yang memerlukan koordinasi anta pendidik dan peserta didik agar tercapai proses pembelajaran PPKn yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila.
References
Adha, M. M., & Susanto, E. (2020). Kekuatan Nilai-nilai Pancasila dalam Membangun Kepribadian Masyarakat Indonesia. Al-Adabiya: Jurnal …. https://ejournal.insuriponorogo.ac.id/index.php/adabiya/article/view/319
Anggraini, D., Fathari, F., Anggara, J. W., & ... (2020). Pengamalan nilai-nilai Pancasila bagi generasi milenial. Jurnal Inovasi Ilmu …. http://www.riset.unisma.ac.id/index.php/JISoP/article/view/4945
Asmaroini, A. P. (2017). Menjaga eksistensi Pancasila dan penerapannya bagi masyarakat di era globalisasi. In JPK: Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan. core.ac.uk. https://core.ac.uk/download/pdf/291656205.pdf
Efendi, Y., & Sa’diyah, H. (2020). Penerapan nilai-nilai Pancasila dalam lembaga pendidikan. JPK (Jurnal Pancasila Dan …. http://journal.umpo.ac.id/index.php/JPK/article/view/1910
Handitya, B. (2019). Menyemai Nilai Pancasila Pada Generasi Muda Cendekia. ADIL Indonesia Journal. http://jurnal.unw.ac.id:1254/index.php/AIJ/article/view/370
Khoiriah, I. A. (2019). Memahami nilai-nilai Pancasila dan Penerapannya. osf.io. https://osf.io/preprints/inarxiv/8su7a/
Lestari, E. Y. (2019). Menumbuhkan kesadaran nasionalisme generasi muda di era globalisasi melalui penerapan nilai-nilai Pancasila. ADIL Indonesia Journal. http://jurnal.unw.ac.id:1254/index.php/AIJ/article/view/139
Nurgiansah, T. H. (2021). Pendidikan Pancasila. books.google.com. https://books.google.com/books?hl=en&lr=&id=h7kpEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA39&dq=pancasila&ots=ml38xfsy9h&sig=qfsCV7V5n8J6Upme0MfY_nYDyuw
Rahayu, A. S. (2017). Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn). books.google.com. https://books.google.com/books?hl=en&lr=&id=mq_xDwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA36&dq=pancasila&ots=PaoDcgm7jZ&sig=B1SpwKnncOx8E3MdVEws2KhW22w
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Jurnal Citizenship Virtues

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Author(s) agree that this article remains permanently open access under the terms of the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License